Mengunjungi Situs Bersejarah Shirakawa di Jepang

Rumah-rumah beratap jerami dari Shirakawa telah mendapatkan minat bagi wisatawan untuk berkunjung kesana, dengan jumlah wisatawan mencapai 212.000 tahun lalu, naik 44 persen dari tahun 2013.



Jumlah wisatawan yang mengunjungi situs Warisan Dunia pada tahun 2014 sekitar 1,5 juta, 4,8 persen meningkat dari tahun ke tahun, sekitar 195.000 para wisatawan asing mengambil perjalanan kedaerah (46 persen meningkat), sementara 17.000 memilih tinggal di desa (27 persen meningkat).


Menurut perkiraan, sekitar 112.000 para wisatawan datang dan kebanyakan datang dari Taiwan, Thailand, Hong Kong, dan Cina.


Analisis menunjukan kalau harga mata uang yen saat ini sedang melemah yang merupakan faktor utama di balik lonjakan jumlah wisatawan asing. Desa ini juga bekerjasama dengan pemerintah prefektur Gifu dan tiga kota di wilayah Hida, termasuk Takayama, dan berhasil menarik wisatawan dari luar negeri.


Sekitar 1.450.000 wisatawan dan sudah menyumbang 95 persen dari total 1,5 juta pengunjung, sementara wisatawan yang tinggal di akomodasi lokal 76.000 hampir sama dengan tahun lalu.


Ini adalah tahun besar bagi industri pariwisata Shirakawa, sebagai ekstensi Hokuriku Shinkansen untuk Kanazawa yang mulai beroprasi pada tanggal 14 Maret lalu. Desember ini juga akan menandai ulang tahun ke-20 dari prasasti gaya rumah "gassho-zukuri" dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.


Bahkan lebih banyak wisatawan yang demikian diharapkan untuk berkunjung tahun ini, dengan harapan wisatawan berkunjung dari daerah Tokyo memalui daerah Hokuriku.


Sebagai rata-rata wisatawan hanta tinggal di desa hanya beberapa jam, ini menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat untuk membuat wisatawan tinggal lebih lama untuk meningkatkan perekonomian lokal.


Menurut masyarakat di desa tersebut, ada cukup fasilitas untuk menginap di Shirakawa dan dapat menampung 1.166 orang, termasuk perkemahan. Banyak wisatawan memilih untuk tinggal di kota-kota seperti Takayama atau Kanazawa dan mengambil hari perjalanan ke desa.


Dalam upaya untuk meyakinkan lebih banyak wisatawan untuk bermalam, pemerintah desa bekerja sama dengan prefektur untuk memasarkan Shirakawa dan bidang-bidang seperti Kanazawa dan Takayama sebagai tujuan mereka, untuk lebih agresif untuk mempromosikan tempat-tempat wisata rumah beratap jerami.


Ini termasuk Hirase Onsen, resor panas musim semi di bagian selatan desa, dan pemandangan alam di Hakusan National Park.


source : houseofjapan.com
0 Komentar untuk "Mengunjungi Situs Bersejarah Shirakawa di Jepang"