Pemerintah Jepang akan Lakukan Operasi Anti Pembajakan Anime Manga Mulai Agustus 2014

Pemerintah Jepang Lakukan Operasi Anti Pembajakan Anime Manga Mulai Agustus 2014

Tercatat pada tanggal 28 Juli 2914 kemarin, situs NHK melaporkan bahwa pemerintah Jepang bekerjasama dengan 15 perusahaan produksi anime dan penerbit manga besar untuk melakukan operasi penghapusan besar-besaran terhadap sekitar 580 situs asing yang secara ilegal telah mengunggah anime dan manga tanpa seizin pemegang hak cipta. 

Walaupun pemerintah Jepang telah mendukung anime dan manga sebagai salah satu ekspor budaya yang penting, aksi pembajakan terhadap anime dan manga masih marak dilakukan terutama yang berasal dari Cina. Tidak tanggung-tanggung diperkirakan kerugian yang disebabkan oleh situs-situs pembajak asal Cina tersebut pada tahun lalu adalah tidak kurang dari 560.000.000.000 ¥ (sekitar US $ 5,5 miliar). 

Operasi ini akan dimulai pada tanggal 1 Agustus 2014 mendatang dan pemerintah akan mulai secara bersamaan mengirimkan permintaan untuk menghapus anime dan manga ke operator 580 situs animanga ilegal yang mereka temukan. Selain itu, operasi ini juga akan meluncurkan situs baru untuk memandu para fans ke situs sah yang menawarkan sekitar 250 judul anime termasuk yang terbaru dengan biaya hanya beberapa ratus yen.

Update 

Tanggal 28 Juli 2014, diluncurkan sebuah situs sah seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, situs tersebut bernama “Manga-Anime here” yang bisa diakses melalui alamat http://manga-anime-here.com/.

Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri atau Ministry of Economy, Trade and Industry (METI) akan mulai memantau dan menghapus salinan upload secara ilegal dari sekitar 580 situs selama lima bulan ke depan.

Di situs ini juga kalian bisa membaca tentang apa itu MAG. Project dan beberapa fakta mengenai pembajakan. Perkiraan biaya kerusakan dari pembajakan online adalah sebanyak JPY 2 triliun (sekitar US $ 20 miliar). Info lebih lengkap, kunjungi http://manga-anime-here.com/guardians.

Pemerintah Jepang Lakukan Operasi Anti Pembajakan Anime Manga Mulai Agustus 2014

Situs manga-anime-here.com juga mengunggah sebuah video promo untuk aksi mereka ini berjudul "Thanks, friends".

To everyone who loves Manga and Anime,

Thank you for loving these products.
Thank you for having good taste in content.
Thank you for protecting the future of Manga and Anime.

Keep on stop piracy.
We are Manga-Anime Guardians.

Pada sekarang ini, pembajakan mendapatkan pendapatan dari iklan, afiliasi dengan situs E-commerce, atau menjual Apps. Mereka mengeksploitasi manga dan anime hanya demi uang. Penerbit manga dan perusahaan anime telah bekerja keras untuk mengatasi pembajakan tersebut. Mereka menghapus secara ilegal karya-karya ilegal satu demi satu, tapi para pembajak tetap bekerja kembali meng-upload, dan membuat situs pembajakan baru...

Sekarang adalah waktu ketika semua orang dapat bersama-sama untuk mengatasi kesulitan ini. Itulah alasan mengapa Proyek Manga-Anime Guardians lahir. Proyek ini dirancang untuk berterima kasih kepada kamu yang mencintai Manga / Anime dan yang bersedia untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang-orang yang membuat dunia indah dari Manga / Anime. Bertindak sekarang untuk "masa depan Manga-Anime! yang cerah."

Inilah daftar situs-situs yang sudah dipastikan kena teguran, apakah situs favorit kalian ada dalam daftar ?


Sumber :
0 Komentar untuk "Pemerintah Jepang akan Lakukan Operasi Anti Pembajakan Anime Manga Mulai Agustus 2014"