10 Hal Yang Membuat Orang Jepang Bangga dan Bersyukur Menjadi Orang Jepang

Dalam kehidupan kalian sehari-hari, pernahkah kalian berpikir apakah kalian merasa bersyukur dilahirkan dan tinggal di tempat sekarang kalian ini berada ?

Portal Internet di Jepang, Mynavi Women, membuka sebuah survei pada bulan Juli 2014 lalu untuk mengetahui kira-kira apa saja hal-hal yang membuat orang-orang Jepang merasa bersyukur bisa dilahirkan dan tinggal di Jepang alias bangga menjadi orang Jepang.
Hasil survei Mynavi ini dikumpulkan dari 662 responden di Jepang, pria dan wanita, yang berkisar antara usia 18-77 tahun.
Pertanyaan pertama yang diajukan terlebih dahulu adalah :
Q : Apakah pernah ada waktu ketika Anda berpikir, "Aku senang (bangga) bisa menjadi orang Jepang !" dalam kehidupan sehari-hari Anda ?
Ya : 428 orang (64.7%)
Tidak : 234 orang (35,3%) 
Para responden lalu dimintai rincian tentang apa yang membuat mereka merasa seperti itu.

Berikut adalah 10 hal yang membuat orang Jepang merasa bangga dan bersyukur menjadi orang Jepang :

1.Makanan Jepang (159 orang)
10 Hal Yang Membuat Orang Jepang Bangga dan Bersyukur Menjadi Orang Jepang
"Aku sering berpikir, "Aku senang menjadi orang Jepang" ketika aku makan sushi dan makanan Jepang lainnya." (30 tahun, perempuan) 
"Tidak ada yang mengalahkan makanan Jepang dan sake Jepang !" (29 tahun, perempuan)
"Aku berpikir begitu ketika makan nasi putih yang lezat." (30 tahun, laki-laki)


2.Ketertiban umum dan keselamatan (74 orang) 
"Aku bisa tidur di kereta dengan tenang, dan bahkan jika aku berjalan sendirian di malam hari, itu tidak berbahaya seperti di luar negeri." (23 tahun, perempuan)
"Aku rasakan ini dari layanan dan sudut pandang ketertiban umum setiap kali aku pergi ke luar negeri." (27 tahun, perempuan)
"Aku merasa aman ketika aku berjalan sendirian di malam hari." (28 tahun, laki-laki)


3.Toilet bersih (27 orang)
"Hampir semua toilet umum di sini bersih tanpa cela." (36 tahun, perempuan)
"Saya (merasa senang menjadi orang Jepang) saat aku menggunakan toilet. Toilet Jepang adalah yang paling higienis di dunia !" (44 tahun, laki-laki)

4.Onsen [hot springs] (25 orang)

10 Hal Yang Membuat Orang Jepang Bangga dan Bersyukur Menjadi Orang Jepang
"Pasti budaya onsen." (31 tahun, perempuan) 
"Setiap kali aku dapat bersantai di onsen." (25 tahun, perempuan)


5.Empat musim yang berbeda (19 orang)

10 Hal Yang Membuat Orang Jepang Bangga dan Bersyukur Menjadi Orang Jepang

"Apakah itu panas atau dingin, aku merasa seperti itulah Jepang." (26 tahun, perempuan) 
"Kita bisa menikmati banyak makanan musiman selama waktu yang berbeda dalam setahun." (30 tahun, perempuan)

6.Perilaku yang baik (16 orang)
"Faktanya adalah orang-orang mengantri dan sopan." (30 tahun, perempuan) 
"Bagaimana semua orang bekerja sama dan memiliki sikap yang baik." (30 tahun, laki-laki)

7.Tatami


10 Hal Yang Membuat Orang Jepang Bangga dan Bersyukur Menjadi Orang Jepang

"Aku merasa beruntung menjadi orang Jepang setiap kali aku berbaring di sebuah ruangan bergaya Jepang dengan lantai tatami." (30 tahun, perempuan)


8 Anime dan manga (12 orang)
"Jepang memiliki banyak anime berkualitas dan judul manga yang semua orang dapat menikmatinya." (26 tahun, perempuan)

9.Toilet dengan pemanas dudukan (7 orang)
"Aku senang bisa menjadi orang Jepang setiap kali aku duduk di kursi toilet yang dipanaskan." (28 tahun, perempuan)

10.Konbini [mini market] (5 orang)
"Layanan yang ditawarkan di toko-toko Jepang benar-benar yang terbaik dan paling nyaman." (25 tahun, perempuan)
Respon survei lainnya termasuk :
"Elevator jarang rusak." (30 tahun, perempuan)
"Air keran aman untuk diminum, dan air gratis di restoran." (27 tahun, perempuan)
"Aku bisa mencoba makanan dari berbagai negara ketika tinggal di Jepang." (25 tahun, perempuan)
"Bahkan jika aku tidak punya banyak uang, aku masih dapat mengaturnya." (40 tahun, perempuan) 
"Transportasi umum biasanya tiba tepat pada jadwal." (23 tahun, perempuan)
"Tidak ada wajib militer di Jepang." (22 tahun, perempuan) 


Bagaimana dengan kalian ?

0 Komentar untuk "10 Hal Yang Membuat Orang Jepang Bangga dan Bersyukur Menjadi Orang Jepang"