Kutipan Konferensi Pers Hayao Miyazaki Mengenai Keputusannya Pensiun


Tanggal 6 September 2013 lalu, salah satu pendiri studio animasi Studio Ghibli, Hayao Miyazaki, mengumumkan keputusannya untuk pensiun. Berikut adalah kutipan dari pernyataan pensiun resmi Miyazaki saat konferensi pers di Musashino, Tokyo bagian barat.

Saya ingin bisa bekerja selama 10 tahun lagi. Saya ingin melanjutkan pekerjaan saya selama saya bisa pergi ke dan dari tempat kerja. Sebagai salah satu ukuran berapa lama saya ingin terus bekerja, saya telah mantap dalam 10 tahun. 
Ini hanya ukuran dari 10 tahun karena mungkin akan berakhir menjadi lebih pendek, tergantung pada harapan hidup saya. 
Saya selalu ingin membuat film animasi panjang, dan itulah apa yang sudah saya lakukan. Namun, ada yang tidak bisa saya lakukan tentang lama dan lebih lama waktu yang telah berlalu antara film-film. Dengan kata lain, saya hanya menjadi lebih lambat dan lebih lambat saat kerja. 
Sudah lima tahun antara pekerjaan terakhir saya dan "Kaze Tachinu" (The Wind Rises). Karya berikutnya bisa datang dalam enam atau tujuh tahun, namun Studio Ghibli tidak akan bertahan jika saya terus mempertahankan itu dan saya akan menggunakan seluruh usia 70-an saya, atau dengan kata lain, saya akan menggunakan semua waktu yang tersisa. 
Meskipun jika itu bukan anime panjang, ada hal lain yang ingin saya lakukan dan coba. Ada juga banyak hal yang saya rasa harus saya lakukan, seperti bekerja di Museum Ghibli.
Dengan hampir semua hal tersebut, apakah saya akhirnya melakukannya atau tidak, tidak akan menimbulkan masalah pada studio. Namun, saya akan berhenti menyebabkan masalah seperti pada keluarga saya sebelumnya. 
Untuk alasan itu, saya meminta Studio Ghibli untuk menghapus saya dari programnya. 
Saya bebas. Namun, kehidupan sehari-hari saya tidak akan berubah sama sekali, dan saya kemungkinan akan melalui jalan yang sama seperti sebelumnya. Impian saya adalah untuk dapat libur di hari Sabtu, tapi saya tidak tahu apakah itu akan berubah seperti yang saya harapkan sampai saya benar-benar melakukan sesuatu. 
Terima kasih banyak.

Kutipan dari konferensi pers :

Pertanyaan : Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dikatakan kepada fans Anda di Korea Selatan, di mana ada diskusi tentang pesawat tempur Zero dalam film "Kaze Tachinu" ?

Miyazaki : Selama orang menonton filmnya, saya merasa mereka akan mengerti. Daripada apa yang orang katakan, saya berharap orang-orang akan menonton film tersebut. Orang-orang dari berbagai bangsa menonton film kami, dan itu membuat saya bahagia. Tapi tema "Kaze Tachinu" berkaitan dengan kehancuran Jepang saat bergerak ke arah militerisme, sehingga keraguan tentang tema telah meningkat bahkan dari orang yang dekat dengan saya. Saya membuat film dengan maksud mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Saya pikir orang akan menyadari apa yang saya coba sampaikan jika mereka melihat film itu.

Pertanyaan : Apa perbedaan terbesar sekarang ketika Anda serius tentang pensiun dan pernyataan masa lalu Anda bahwa Anda mungkin akan berhenti ?

Miyazaki : Butuh waktu lima tahun antara "Ponyo" dan "Kaze Tachinu". Jika saya harus mulai berpikir tentang film panjang berikutnya, kemungkinan akan memakan waktu lebih dari lima tahun, mengingat usia saya sekarang.

Saya akan berusia 73 tahun dalam beberapa bulan, tetapi jika film berikutnya harus mengambil enam atau tujuh tahun untuk diselesaikan, saya akan berusia 80 tahun pada saat hal itu dilakukan.

Saya merasa bahwa usia saya membuat film animasi panjang telah berakhir.

Pertanyaan : Apa pesan yang telah Anda coba untuk sampaikan melalui semua film Anda ?

Miyazaki : Sejak saya masuk ke dalam dunia ini (animasi) setelah dipengaruhi oleh banyak karya sastra anak-anak, pada dasarnya, saya merasa bahwa apa yang harus menjadi dasar dari pekerjaan kami adalah menularkan kepada anak-anak bahwa ini adalah dunia yang layak ditinggali.

Pertanyaan : Anda telah membuat banyak film anime yang berbasis di Italia, tapi apakah itu berarti Anda menyukai Italia ? Saya juga percaya Museum Ghibli akan memiliki lebih banyak pengunjung jika Anda menjadi kepala kurator.

Miyazaki : Saya suka Italia, termasuk fakta bahwa itu tampaknya tidak pernah datang bersama-sama. Saya punya teman di sana, makanannya lezat dan wanitanya cantik.

Daripada menyapa pengunjung ke museum, saya ingin menggambar ulang beberapa display di museum karena beberapa telah pudar karena berlalunya waktu. Itu adalah sesuatu yang selalu ingin saya lakukan. Saya merasa saya harus terus bekerja untuk menjaga museum tetap hidup.

Pertanyaan : Apakah Anda berencana untuk terus mengirimkan berbagai ide untuk khalayak luar negeri ?

Miyazaki : Saya tidak ingin menjadi orang budaya. Saya menganggap diri sebagai pemilik sebuah pabrik lokal kecil jadi saya ingin melanjutkan itu. Saya belum memikirkan banyak tentang transmisi luar negeri.

Pertanyaan : Apakah komentar Anda tentang perasaan bahwa waktu telah melewati Anda dan "Kaze Tachinu" mempengaruhi keputusan Anda untuk pensiun ?

Miyazaki : Sejak saya mulai menggambar animasi, saya harus terus menggambar untuk mengungkapkan semuanya. Saya sangat merasa bahwa waktu di mana saya dapat berkonsentrasi untuk menggambar tidak diragukan lagi menyusut selama bertahun-tahun. Orang mungkin mengatakan bagaimana kalau mencoba metode baru, tapi saya tidak bisa melakukan itu, jadi itu sebabnya saya mencapai kesimpulan bahwa saya akan tidak lagi dapat menciptakan film panjang.

Pertanyaan : Anda katakan sebelumnya bahwa Anda mencintai Italia, tapi bagaimana dengan Prancis ?

Miyazaki : Sejujurnya, saya lebih memilih makanan Italia daripada masakan Perancis.

Saya sangat dipengaruhi oleh animator Perancis Paul Grimault ketika saya masih sangat muda dan itu tidak berubah sampai sekarang. Film Perancis memiliki pengaruh lebih besar pada saya untuk menjadi seorang animator daripada film Italia.

Pertanyaan : Apa yang membuat Anda bahagia dalam menciptakan anime ?

Miyazaki : Saya merasa senang sebagai animator ketika gambar tertentu keluar sempurna dalam mengekspresikan angin atau air. Saya merasa menjadi seorang animator adalah pekerjaan baik yang cocok dengan kepribadian saya.

Pertanyaan : Bagaimana masyarakat Jepang berubah dalam jangka waktu sejak Anda memulai Ghibli ?

Miyazaki : Ketika kita memulai Ghibli, Jepang berpikir sangat tinggi tentang dirinya. Itu adalah saat ketika Jepang telah menjadi sebuah kekuatan ekonomi dan semua orang bangga dengan itu. Saya marah pada sikap itu, dan itu sebabnya saya membuat "Kaze no Tani no Naushika (NausicaƤ of the Valley of the Wind)."

Setelah aset inflasi ekonomi meledak dan Uni Soviet runtuh, saya merasa kita tidak bisa lagi membuat karya yang merupakan perpanjangan dari apa yang kita lakukan di masa lalu.

Citra Ghibli diciptakan karena itu sedikit terhubung dengan gelembung ekonomi, tetapi sejak itu, telah terjadi kemunduran panjang di Jepang.


Sumber : ajw.asahi
0 Komentar untuk "Kutipan Konferensi Pers Hayao Miyazaki Mengenai Keputusannya Pensiun"